Friday, May 9, 2014

BERUNTUNGLAH KAUM WANIITA YANG MENELADANI SEORANG SHOHABIYAH YANG LUAR BIASA, SIAPA KAH DIA?



Dialah –SUMAYYAH BINTI KHABBAT- isteri dan anak dari Yasir dan Ammar bin Yasir
Dia merupakan orang ke tujuh yang masuk Islam dan merupakan tujuh orang pertama yang menampakkan keislamannya.

Dengan iman yang kuat dan keberaniannya Sumayyah menentang Abu Jahal. Bukan hanya dirinya, suami dan anaknya juga menjadi sasaran kekejaman Abu Jahal. Sumayyah, suami dan putranya diikat kaki dan tangannya lalu dilemparkan ke atas kerikil tajam dan panas. Di atas kerikil itulah mereka di cambuki satu persatu agar mereka kembali murtad. Kendati demikian, tidak terdengar dari mulut suami(yasir) dan anak nya(Ammar) kecuali hanya diam dan rintihan meskipun cambukan itu terus bertubi-tubi mendera mereka. Lain halnya dengan sang ibu(Sumayyah) yang berbalik menantang Abu Jahal--ditengah-tengah deraan cambuk-- Lantang dia menjawab bahwa usaha Abu Jahal akan sia-sia saja karena dia akan tetap mempertahankan keislamannya berapapun harganya, walau harus dengan nyawa.

Padahal Sumayyah sewaktu itu adalah wanita tua yang sangat renta dan lemah, tapi SUBHANALLAH Ia Sangat sabar,teguh dan tegar.

Kesabaran keluarga Yasir yang tiada tara tersebut memasukan mereka dalam daftar para penghuni surga. Hal ini dibenarkan oleh Nabi dengan sabdanya, “Bersabarlah wahai keluarga Yasir! Bersabarlah! Sesungguhnya balasan kalian adalah surga.”

Mendengar tantangan Sumayyah tersebut, nyali Abu Jahal mengerut.Abu jahal tidak habis pikir, bagaimana seorang wanita tua yang lemah menantangnya dan menurunkan kharismanya? Tidak ada pilihan baginya selain membunuh Sumayyah.

Abu Jahal datang dengan tombak di tangan . Ia memaksa Sumyyah mengucapkan kata - kata kufur . Waktu itu Rasulullah Saw sempat mengutus seorang sahabat untuk menyampaikan berita kepada Sumyyah dan mengizinkannya untuk mengucapkan kalimat kufur asal hatinya tetap beriman.

Apa jawab Sumayyah ?

''Sampaikanlah salamku kepada Rasulullah Saw. Sesungguhnya Sumayyah yang telah Allah Subhanallahu Wa Ta'ala sucikan hatinya dengan keimanan, tak akan sanggup mengotori lidahnya dengan kata - kata kufur.''

Mendengar itu , Abu jahal gusar . Ia menusukkan tombaknya kerahim Sumayyah.
'' Ia mati karena kehabisan darah . Dan JADILAH SUMAYYAH ORANG YANG PERTAMA KALI SYAHID DALAM ISLAM.

SUBHANALLAH , SUBHANALLAH !!!
Sumayyah memilih ditusuk tombak ketimbang mencemari lidahnya dengan kalimat kufur. Periksalah lidah kita ; tidakkah kita dengan mudah mengobral makian , menyebarkan fitnah , dan menggunjing kejelekan orang lain , padahal padahal kejelekan kita sendiri bertumpuk-tumpuk.

Sungguh kita telah berlaku sebagaimana yang dikatakan sebuah pepatah ; "KUMAN DISEBRANG LAUTAN NAMPAK JELAS,GAJAH DIPELUPUK MATA TAK KELIHATAN"
Periksalah hati kita; tidakkah kita terus dan masih memelihara didalamnya penyakit dengki , iri hati, takabur , munafik , buruk sangka , serta penyakit - penyakit hati lainnya. ASTAGFIRULLAH...?

Saudari-saudariku yang tercinta

Kisah diatas merupakan pelajaran bagi setiap mukminah yang diinginkan oleh musuh-musuh allah swt untuk menanggalkan agamanya, hendaknya ia meneladani ketegaran, keteguhan dan kesabaran Sumaiyah.

Abu Athiyah berkata:

“Bersabarlah dalam kebenaran,engkau akan merasakan manisnya
Kesabaran demi kebenaran terkadang harus melalui kepedihan”.

Hal ini juga menunjukkan bahwa sabar itu tidaklah ada batasnya, sampai Allah mendatangkan keputusan dan ketetapan-Nya.

Setelah membaca dan meneladani kisah-kisah ummahatul mu'minin dan para shohabiyah yg sungguh luar biasa,

APAKAH PANTAS BAGI SEORANG WANITA :

- menjerumuskan dirinya kepada lembah kehancuran karena seorang lelaki yang belum halal baginya,(sengsara,terlena,nangis karena putus cinta n hilang perhatiannya,disakiti,memikirnyanya tiap detik dst)???
- Lebih senang bergosip ria bersama group yg teleh mereka bikin,shoping ke mall-mall,dan menghambur-hamburkan uang buat sesuatu yang kurang bermanfaat, dibandingkan sebagian muslimah yg belajar ngaji alqur'an menelaah dan mengamalkan nya???
- Bangga mengumbar aurat (MENANGGALKAN JILBAB) yang jelas-jelas wajib hukum nya ( Al Ahzab: 59 & An Nuur: 31) dan terdapat ancaman besar bagi pelakunya, tidak masuk surga bahkan mencium nya pun tidak???

Dan masih banyak lagi pertayaan-pertanyaan yang ditujukan kepada kaum wanita(sebagai intropeksi diri) dan jawabanya ada pada dirinya masing-masing.


Tapi yang ga kalah hebatnya sebagian mereka berani menjawab :
- Kita kan tidak hidup dizaman rasulullah saw.
- Kita kan bukan Nabi saw,bukan isteri Nabi dan bukan pula shohabiyah(sahabat rasul saw kalangan perempuan)
- Keimanan kita kan tidak seperti mereka.dst

Maka saya katakan :

KALAU BUKAN RASULULLAH SAW DAN SAHABAT_SAHABATNYA (GENERASI TERBAIK) SIAPA YANG KITA AKAN IKUTI ???

Akhwati yang berbahagia ,
Jadilah kalian Sumayyah-Sumayyah yang baru, tanpa malu menjalani syariat Allah dan Rasul-Nya. Tanpa gentar menghadapi setiap gelombang fitnah yang menguji kalian, sampai al yaqin(kematian) menghampiri kalian.Wallahu mustaan.


***********************************************************

Mohon kiranya untuk men-tag ataupun men-sharing artikel ini dengan orang yang Anda kasihi dan cintai karena allah, agar orang yg matanya masih merem, dapat membukanya lebar lebar ,orang yang terlena biar bangun kembali, orang yang patah semangat dapat bangkit dan meraih yang ia cita-citakan.
Dan akhirnya…Kita berharap dan berdoa agar kita termasuk golongan hamba-hamba Allah swt yang sholeh dan sholehah
Jazakallah khair


“Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.”( HR Muslim)

Apabila ada kebaikan dalam catatan ini, maka sebaiknya mari kita SEBARKAN untuk dibaca oleh orang yg kita cintai

“Orang yang menyeru (menyuruh/menasehatkan) kepada kebaikan akan memperoleh pahala seperti orang yang mengamalkan seruannya, tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkan sedikitpun. Sebaliknya, orang yang menyeru kejahatan akan mendapatkan dosa seperti orang yang mengamalkannya, tanpa mengurangi dosa orang yang mengamalkannya sedikitpun.” (HR. Muslim)



~ABU SALSABILA~

No comments:

Post a Comment