Sunday, May 11, 2014

JADILAH ANAK YANG SHOLIH / SHOLIHAH

Rasulullah saw pernah mengatakan bahwasannya setiap orang yang mati maka terputus semua amalnya kecuali tiga hal, pertama Amal jariyah, kedua Ilmu yang bermanfaat, ketiga Anak Shalih yang mendoakannya.

Kita semua akan mati, maka perhatikanlah tiga hal tersebut, apakah kita benar-benar sudah

menyiapkannya atau belum? dan seberapa banyak/tekun kita sudah menyiapkannya (dibanding dengan umur dan kesempatan yang telah diberikan kepada kita).

1. Amal Jariyah

Ayo, seberapapun harta yang kita miliki, kita tetap berkesempatan untuk beramal jariyah. Jadi jangan menunggu kaya untuk beramal jariyah.

2. Ilmu yang Bermanfaat

Carilah ilmu sebanyak-banyaknya (baik ilmu dunia atau agama), kemudian transferlah kepada orang-orang disekitar kita, sertai dengan niat yang ikhlas dan atas dasar cinta kepada Allah swt. Niscaya ia akan mengembang menjadi tabungan deposito kita yang mengalir setiap saat dikala kita telah mati.

3. Anak Sholih yang Mendoakannya

Setiap kita adalah ”Anak”. Anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, kakek-kekek dan nenek-nenek. Mereka pada hakikatnya adalah ”Anak” dari ”Orang Tua” nya.

Oleh karena itu Anda yang masih remaja/pemuda, ingatlah bahwa masa-masa Anda saat ini sangat berharga bagi diri Anda untuk mewujudkan diri menjadi anak yang sholih, terlebih bagi Anda yang orang tuanya telah dipanggil Allah swt.

Demikian juga dengan Anda yang sudah menjadi Orang Tua, sadarilah bahwa Anda juga seorang ”Anak” dari ”Orang Tua” Anda, gunakanlah waktu yang tersisa itu untuk beramal dan menjadi hamba terbaik di hadapan Allah swt kemudian doakan orang tua Anda.

Doa Anak Sholih bisa direncanakan.

Sebagaimana Amal jariyah dan Ilmu yang bermanfaat, keduanya bisa direncanakan, demikian juga dengan Anak ”Sholih yang Mendoakan” dapat direncanakan dengan cara mendidik anak kita menjadi anak yang berilmu tinggi dan mampu mengamalkannya di dalam kehidupan.

Wallahu A’lam bis Showab

No comments:

Post a Comment